Senin, 04 Juni 2012

Deskripsi Hasil Survey



Disini saya melakukan survey kepada teman-teman yang mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan di Fakultas Psikologi USU. Survey yang saya buat mengenai Teknologi dan Pendidikan. Saya ingin melihat bagaimana pengaruh teknologi dalam pendidikan saat ini. Jumlah responden yang mengisi survey saya yaitu 62 orang. Dan mayoritas responden setuju bahwa teknologi sangat berpengaruh dalam pendidikan.
Dapat dilihat dari data di atas, mayoritas memilih dengan 58,06% (36 orang) setuju bahwa teknologi dan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Dan hanya sebagian kecil saja yang tidak setuju, yaitu 3,23%, sementara yang lain memilih sangat setuju dengan 24,19% dan 14,52% netral.  

Pernyataan kedua, tanpa teknologi berupa akses internet maka proses belajar mengajar akan terhambat mendapat persentase seimbang antara memilih netral dan tidak setuju yaitu 25,81%. Sejujurnya saya sendiri tidak setuju dengan pernyataan ini karena masih banyak sumber-sumber yang dapat membantu kita dalam belajar, dan yang paling penting itu adalah buku. Namun, dikarenakan saat ini teknologi sudah sangat maju, maka pendidikan akan lebih berjalan lancer jika dibantu dengan akses internet untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber.

Teknologi membantu saya belajar karena mudah digunakan, pada pernyataan ini tidak ada responden yang tidak setuju. Hanya 3,23% (2 orang) saja yang memilih netral, sementara persentase terbesar responden setuju dengan persentase 75,81% (47 orang), dan sisanya memilih sangat setuju 20,97% (13 orang).

Saya lebih sering mencari informasi pelajaran di internet daripada di buku. 45,16% responden setuju dengan pernyataan ini, 35,48% memilih netral, 14,52% responden sangat setuju, dan hanya 4,84% yang tidak setuju. Hal ini menandakan bahwa teknologi berupa internet sangat membantu dalam proses belajar mahasiswa saat ini.

Penggunaan teknologi dalam belajar di kampus saat ini sudah memadai. Pada pernyataan kelima ini, responden banyak memilih menjawab netral yaitu 43,55% (27 orang). Menurut saya, netral yang dimaksud di sini adalah bahwa terkadang kesempatan untuk mengakses internet itu mudah, dan terkadang sulit. Kemudian 6,45% responden menjawab sangat tidak setuju, 11,29% tidak setuju, 35,48% setuju, dan 3,23% sangat setuju. Jika di generalisasikan maka, 24 responden setuju dengan pernyataan tersebut dan 11 responden tidak setuju. Maka secara keseluruhan responden setuju dengan pernyataan kelima.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari hasil survey di atas adalah bahwa teknologi dan pendidikan berjalan beriringin. Teknologi ada untuk membantu dunia pendidikan, dan dengan pendidikanlah teknologi tercipta. Hasil survey menunjukkan bahwa teknologi sangat membantu mahasiswa dalam belajar dan mencari informasi yang dibutuhkan karena penggunaannya yang mudah. Kemudahan itu pun dibantu kampus dengan menyediakan layanan wi-fi sehingga mahasiswa bisa lebih mudah dalam belajar di kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar