Sabtu, 15 Juli 2023

Trip to Hong Kong

 Bismillahirrahmanirrahim. 

Kali ini aku ingin membagikan pengalamanku selama liburan ke Hong Kong selama 4 hari 3 malam. Semoga membantu ^^

Berhubung aku domisilinya di Riau, maka lebih mudah terbang dari Kuala Lumpur langsung ke Hong Kong selama 4 jam. Lumayan juga duduk 4 jam di pesawat. Kalo bisa dapat kursi di samping jendela. Pemandangannya yang jarang ditemui di Indonesia. 


Sesampainya di Hong Kong International Airport akan ada kereta penghubung menuju Arrival Hall. Di sini kita bisa beli sim card, bisa sholat juga, dan banyak transportasi umum ke kota. Karena sampai di Bandara pukul 11.00 waktu setempat, tujuan pertama aku dari Hong Kong International Airport adalah ke Ngong Ping Cable Car, jadi bisa lihat pemandangan kota dari atas. Kenapa? Karena jaraknya yang dekat dari Bandara. Jadi gak apa deh kita nenteng koper dan tas nya jalan-jalan sebelum check in hotel ya. Sebelum itu, bisa beli Octopus Card dulu di 7-11 ya, jangan kayak aku yang udah keburu keluar ke Bus Terminus ternyata di sana mereka gak jual Octopus Card. Kita tetap bisa naik transportasi umumnya dengan uang tunai, tapi mereka tidak ada kembalian. Jadi kalau uangnya berlebih ya gak akan dikasi kembaliannya.

Informasi mengenai transportasi umum nya bisa langsung terlihat saat keluar dari Arrival Hall. Tinggal ikutin harus naik bus nomor berapa dan mesti nunggu di mana. Btw tempat nunggu bus di sini kebanyakan cuma plang berdiri aja yang menyediakan informasi mengenai nomor bus dan jalur pemberhentiannya saja, gak ada atas untuk berteduh. Gak heran kalau melihat banyak wisatawan dan orang Hong Kong yang menggunakan payung di musim panas kayak sekarang. 

Sebelum masuk bus kamu harus tap Octopus Card atau bayar dulu sebelum duduk. Bisa pilih tempat duduk di lantai 2 jika ingin melihat pemandangan kota dengan lebih puas. Tetap perhatikan rute pemberhentianmu selama di bus ya. Bisa juga cek google maps jalur perjalanan yang kamu tempuh. 

Perjalanan dari Hong Kong International Airport aku menaiki bus nomor S1 dan akan turun di Tung Chung Station. Ketika pengumuman bahwa stasiun selanjutnya adalah tempat pemberhentian kita, jangan lupa menekan tombol stop yang ada di tiang sekitar kurai bus. Karena jika tidak ada penumpang yang akan naik atau tidak ada orang lain yang menekan tombol stop tersebut maka bus bisa tidak berhenti. 

Area tempat tiket Cable Car dibagi untuk yang baru mau beli di tempat dan yang sudah beli tiket online. Kalau kamu bisa beli duluan secara online aku sarankan beli duluan karena pengaruh harga dan juga tanpa antri yang lama. Aku sendiri membeli di tempat untuk satu kali pernjalanan bukan pulang pergi agar bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya. Ada beberapa jenis cable car yang tersedia, dari yang standart, crystal, dan full glass, kamu bisa pilih sesuai selera atau yang cocok sama budget liburanmu ya. 

To be continue~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar